Inilah Penyebab Asap Knalpot Mobil Berwarna Putih

Salah satu permasalahan yang kerap menggangu pemilik mobil, terutama mobil yang agak berumur,  adalah asap knalpot yang berwarna putih. Asap itu adalah tanda bahwa mobil Anda bermasalah.
Biasanya asap putih muncul karena rusaknya komponen mesin, khusunya pada ring seher dan ring piston. Dua  komponen itu bertanggung jawab atas keluarnya asap putih. Namun Anda tak perlu khawatir, karena tak perlu turun mesin untuk membereskannya. Anda cukup memeriksa dua komponen tadi,  apakah masih bekerja dengan baik atau tidak.


Selain penyebab utama tersebut, ada penyebab lain yang bisa menimbulkan asap putih. Penyebab lain itu adalah:

Embun yang terperangkap di knalpot
Jika Anda perhatikan saat memanaskan mesin mobil di pagi hari, akan muncul asap putih dari knalpot. Ini bisa jadi karena embun atau uap air yang terperangkap di knalpot. Untuk keadaan ini, anda tidak perlu khawatir, karena ini masih dalam batas wajar. Namun jika hal ini berlangsung terus menerus, ada baiknya anda mengecek komponen mesin mobil Anda.

 PCV valve patah
Jika asap putih yang muncul dari knalpot agak sedikit pekat, bisa dipastikan hal ini terjadi karena PCV valve mengalami kerusakan atau patah yang membuat tersedotnya oli dari ruang mesin. Oli ini kemudian terbakar di ruang pembakaran. Untuk penangan lebih lanjut, silakan bawa mobil Anda ke bengkel.

Seal klep bocor 
Seal klep yang bocor merupakan penyebab lain munculnya asap putih dari knalpot mobil Anda. Anda dapat mengenali kerusakan ini jika asap putih dari knalpot muncul saat mesin kendaraan belum panas dan pada saat mobil sedang melaju. Pastikan Anda mengecek seal klep dan memeriksa takaran oli untuk mengetahui ada atau tidaknya oli yang terbuang berlebihan.

Selain asap putih, Anda juga mungkin menemukan asap hitam dari knalpot. "Pada dasarnya asap putih atau asap hitam ini merupakan gejala awal kerusakan mesin," katanya.

Untuk mencegah permasalahan ini dan mencegah kerusakan lebih lanjut, pastikan Anda selalu merawat mesin secara berkala. Gunakan suku cadang asli demi menghindari kerusakan mesin.


Artikel Terkait:
TipsAgar Mobil Lolos Uji Emisi
Inilah Penyebab Mobil Tak Bertenaga dan Boros BBM