Volkswagen Segera Luncurkan Mobil Murah

Volkswagen berencana memproduksi mobil murah perdananya di China untuk bersaing dengan Dacia dari Renault atau Datsun. 

China menjadi pilihan utama karena punya potensi 3 juta unit pertahun untuk segmen mobil murah (budget car), terbesar di seluruh dunia. VW punya kesempatan memproduksinya dengan mitranya lokal, jika proyek ini mendapat lampu hijau.
Mobil murah VW akan mengisi ceruk pasardengan harga 5.000-10.000 euro (Rp 64,9 juta - Rp 129,9 juta) per unit. Model yang mungkin diproduksi meliputi MPV, wagon dan sedan kompak.

Target utama mobil ini adalah negara berkembang seperti Brasil, Rusia, India dan China. Tetapi tidak menutup kemungkinan juga dipasarkan di Eropa, termasuk Jerman.
Keputusan memproduksi mobil murah untuk negara-negara berkembang diputuskan tahun ini. Fokus utama VW adalah menekan biaya produksi serendah mungkin sekaligus memutuskan apakan tetap menggunakan merek VW atau lainnya.

Jika masuk ke segmen pasar ini untuk pertama kalinya, sangat penting menjaga nilai investasi tetap rendah. Salah satu cara, memanfaatkan model-model lama VW untuk mobil murah, ketimbang harus meneliti karena biayanya makin mahal.