Keputusan General Motors (GM) menambahkan peringatan getaran karena
sistem suara dan visual belum sepenuhnya ampuh atau efektif. Kemungkinan
pengemudi, bahkan penumpang cuek dengan suara peringatan dan indikator
visual di panel instrumen, bisa saja terjadi. Karena itu sistem Lane Shanging Alert (Warning) System sebagai sistem peringatan pindah lajur disematkan pada Cadillac pada XTS.
GM langsung mengklaim (tentu saja mematenkannya), Cadillac XTS adalah mobil pertama di dunia menggunakan sistem peringatan getar jok. Getaran tidak hanya untuk memperingatkan pengemudi saat pindah lajur, juga waktu parkir. GM menyebut sistem ini “Cadillac Safety Allert Seat”.
Bagian bawah jok – yang diduduki – bergetar kanan- kiri untuk
memperingatkan pengemudi terhadap kemungkinan bahaya, Misalnya, arah
mobil melenceng atau hampir menyenggol mobil lain saat parkir.
Sistem juga digabungkan dengan peringatan suara berupa “bip-bip” dan visual. Keduanya bisa matikan bila dinilai mengganggu! Dijelaskan, dengan getaran, pengemudi lebih cepat fokus mengantisipasi bahaya.
Ditambahkan, peringatan perasaan ini efektif dan intuitif untuk mengurangi kekacauan indera penglihatan dan pendengaran pengemudi. Khusus bagi mereka yang sudah berpengalaman mengemudi. Cuek dengan suara dan simbol-simbol.
Sistem keselamatan aktif ini merupakan bagian dari paket Cadillac Driver Awarness and Driver Assist membantu pengemudi tidak menabrak. Isi paket antara lain peringatan kemungkinan menyeruduk (tabrakan belakang), peringatan pindah jalur, zona tak terlihat (blind spot) dan peringatan mobil di belakang.
Safety Alert Seat bekerja dengan berbagai sensor dan kamera yang dipasang pada mobil. Sistem bisa membuat keputusan langsung, mengaktifkan sistem peringatan untuk bekerja atau tidak.
Jok juga dihubungkan ke Sistem Parkir dan Peringatan Lalu lintas Belakang (Rear Cross Traffic Allert), khusus saat berada di tempat parkir yang sempit. Untuk ini digunakan kamera yang dipasang di eksterior. Selanjutnya, pengemudi bisa melihat di luar mobil melalui panduan parkir pada layar LCD 8 inci di bagian tengah panel instrumen.
Ketika mobil mundur, jok bergetar pada kedua sisi bila ada obyek. Getaran makin kencang ketika obyek semakin dekat!
Sistem juga digabungkan dengan peringatan suara berupa “bip-bip” dan visual. Keduanya bisa matikan bila dinilai mengganggu! Dijelaskan, dengan getaran, pengemudi lebih cepat fokus mengantisipasi bahaya.
Ditambahkan, peringatan perasaan ini efektif dan intuitif untuk mengurangi kekacauan indera penglihatan dan pendengaran pengemudi. Khusus bagi mereka yang sudah berpengalaman mengemudi. Cuek dengan suara dan simbol-simbol.
Sistem keselamatan aktif ini merupakan bagian dari paket Cadillac Driver Awarness and Driver Assist membantu pengemudi tidak menabrak. Isi paket antara lain peringatan kemungkinan menyeruduk (tabrakan belakang), peringatan pindah jalur, zona tak terlihat (blind spot) dan peringatan mobil di belakang.
Safety Alert Seat bekerja dengan berbagai sensor dan kamera yang dipasang pada mobil. Sistem bisa membuat keputusan langsung, mengaktifkan sistem peringatan untuk bekerja atau tidak.
Jok juga dihubungkan ke Sistem Parkir dan Peringatan Lalu lintas Belakang (Rear Cross Traffic Allert), khusus saat berada di tempat parkir yang sempit. Untuk ini digunakan kamera yang dipasang di eksterior. Selanjutnya, pengemudi bisa melihat di luar mobil melalui panduan parkir pada layar LCD 8 inci di bagian tengah panel instrumen.
Ketika mobil mundur, jok bergetar pada kedua sisi bila ada obyek. Getaran makin kencang ketika obyek semakin dekat!