Tips Hindari Curanmor yang Pakai Modus "Radio Jammer"

Di jaman maju seperti sekarang ini, maling juga meningkatkan kemampuannya untuk bisa berhasil, salah satunya dengan memanfaatkan teknologi. Saat ini pencurian mobil atau barang-barang di mobil dengan modus "Radio Jammer" mulai marak di tanah air. 

Untuk remote yang biasa di mobil memang menggunakan pita frekuensi 315 Mhz dan pemilik mobil diharapkan meningkatkan kewaspadaannya. Pasalnya, pada frekuensi itu, remote tidak akan berfungsi jika ada Radio Jammer di sekitarnya. Dan saat ini belum ada penangkalnya. 

Sebaiknya mobil dilengkapi GPS Tracker dan alarm yang canggih pula. Bila kondisi tidak memungkinkan, cara paling efektif, yakni menghindar. Jadi, ketika akan meninggalkan mobil, ternyata pintu tidak bsia terkunci dengan remote, boleh jadi mobil masuk perangkap "radio jammer". 

Jadi sebelum memarkirkan mobil, perhatikan kondisi sekitarnya. Apakah ada mobil yang masih ada orang di dalamnya. Jika pintu tidak terkunci, pindah lokasi parkir sambil mengamati ada tidak yang mengikuti dari belakang. Pindahnya, lebih dari radius 25 meter. 

Pakailah kunci pengaman tambahan pada setir atau kontak rahasia yang memungkinkan pembobol lebih lama dalam bekerja. Karena, tanpa itu, mobil bisa dibawa kabur kurang dari 5 menit saja. Durasi menjadi penting karena bisa membuat maling kesulitan dan panik dalam bekerja. Selain takut aksinya diketahui orang, maling juga takut si pemilik mobil akan cepat kembali.