Inilah Cara Sederhana Rawat AC Mobil

Mayoritas pengguna mobil terkadang menganggap enteng pemeliharaan AC (air conditioner) dan tidak tahu bagaimana cara merawatnya. Sebenarnya, merawat AC itu tidaklah sulit dan itu bisa dilakukan sendiri. 

Ada beberapa tahapan yang dilakukan dan bisa dikerjakan sendiri dalam merawat AC mobil. 

Pertama adalah dilarang merokok di dalam mobil, juga debu-debu yang ada di lantai dasar sebaiknya dibersihkan setiap 2 hari sekali. 

Untuk mobil tahun 2012 ke atas sudah ada filter kabinnya, jadi setiap 3 atau 6 bulan sekali dibersihkan agar tidak merogoh kocek yang terlalu dalam ketika ada kerusakan nanti. 

Sedangkan mobil di bawah tahun 2012 atau yang belum ada filter kabinnya perawatannya lebih baik perawatannya dilakukan setiap 60.000 km ke atas. 

Unuk mobil baru sekarang ini, bagian motor fan/ extra fan sedikit ringkih jadi sebaiknya 3 bulan sekali dibersihkan beda dengan mobil yang lama. 

Mengecek atau membersihkan bisa dilakukan ketika sedang memanaskan mobil. Sebab kalau fannya lemah, mobil terkadang suka overheat dan bisa mogok di jalan. 

Kuncinya ketika memanaskan mobil periksalah fannya apakah masih bekerja dengan baik sambil menunggu mobil yang sedang dipanaskan mesinnya.