Mengenal Teknologi Mesin Diesel Terkini

Teknologi mesin diesel kini bermacam-macam. Ada tiga yang umum digunakan oleh pabrikan yakni direct injection, turbo variabel, dan common-rail. Untuk mengetahui seperti apa teknologi tersebut, berikut penjelasan singkatnya :
     

Direct injection
Ini adalah pengembangan awal dari mesin diesel lawas. Dulu bahan bakar disemprotkan terlebih dulu di pre-combustion chamber (Indirect Injection). Hasilnya campuran BBM dan udara dibakar menggunakan glow plug. Dari hasil pembakaran tersebut disalurkan ke kepala silinder. Glow plug juga digunakan untuk membantu saat start mesin dalam kondisi dingin.

Pada teknologi direct injection, fuel injector menyemprotkan BBM langsung ke ruang bakar. Pada mesin diesel turbo, berkat dorongan udara padat dari turbo, tenaga yang dihasilkan makin besar dan mesin lebih efisien dalam mengolah bahan bakar. Teknologi ini umum diguna­kan untuk mobil penumpang maupun pengangkut barang.

Turbo variabel
Semakin banyak mesin yang menggunakan turbo variabel. Keuntungan dari teknologi ini ialah rentang output-nya lebih besar dibanding turbo fixed. Ini bisa terjadi karena sudut bilah turbin yang bisa berubah sesuai putaran mesin. Sehingga turbo lag yang kerap terjadi di turbo fixed bisa diminimalisasi.

Common-rail
Teknologi common-rail di masing-masing pabrikan memiliki ‘nama da­gang’ berbeda-beda. Hyundai misalnya menyebut dengan CRDi, Peugeot dipanggil HDI, Chevrolet menjuluki VCDi dan di Toyota panggilannya D-4D. Cara kerjanya ialah melalui rail yang memberi tekanan tinggi pada bahan bakar untuk kemudian dialirkan menggunakan pipa-pipa menuju injektor. Semua proses ini dikontrol oleh komputer.