Cara Merawat Defogger yang Tepat

Meski tidak perlu perawatan khusus untuk defogger atau pemanas kaca belakang. Ada baiknya memperhatikan beberapa hal yang cukup penting. Seperti waktu untuk menghidupkannya, atau juga perilaku membersihkan kaca belakang. Sebenarnya keberadaan defogger ini cukup penting. Fungsi utamanya untuk menghalau kabut yang terjadi di kaca belakang atau kaca belakang bagian samping untuk sebagian tipe kendaraan.
        

Kabut ini datang jika suhu antara kabin dan bagian luar tidak seimbang. Biasanya datang saat hujan, karena di kabin pasti menghidupkan AC.Adanya kabut di kaca belakang jelas mengganggu pandangan pengemudi. Di sinilah fungsi utama dari defogger.
 
Paling utama yang harus menjadi perhatian yakni mengaktifkan defogger hanya saat dibutuhkan. Ketika sudah terdeteksi embun di kaca belakang, baru hidupkan. Jangan baru hujan sudah diaktifkan. Kemudian langsung matikan setelah embun hilang. Kerap terjadi, defogger tetap menyala padahal di kaca sudah tidak ada embun.

Hati-hati juga dengan soket atau konektor pada defogger. Posisinya yang berdiri, sangat mungkin tersenggol ketika kaca di lap. Meski sangat jarang rusak, tidak ada salahnya membuka soket yang ada untuk dilihat kondisinya. Bagi mobil yang sudah agak lama, hati-hati terhadap timah konektor, jangan sampai terlepas.