Teknologi Mesin Kijang Innova Diesel Terbaru

All New Toyota Kijang Innova keluaran paling baru memiliki banyak perubahan hampir di semua sisi secara signifikan. Termasuk perubahan pada mesin  diesel.

Mesin lama 2KD-FTV berkapasitas 2.500 cc enggak dipergunakan lagi. All New Kijang Innova kini mengunakan mesin baru, 2GD-FTV berkapasitas 2.400 cc. Namun jangan dianggap remeh dulu ya walaupun kapasitasnya lebih kecil, tapi tenaganya justru meningkat cukup jauh.
                                                   

Yang lama, mesin 2KD-FTV memiliki tenaga 101 dk dengan torsi 200 Nm pada rentang 1.600-3.600 rpm. Sedangkan mesin 2GD-FTV baru dapat menyemburkan tenaga sekitar 177 dk dan torsi 450 Nm di1.400-2.600 rpm. Dari situ terlihat lonjakan tenaga dan torsi melambung cukup jauh.

Pada mesin baru tersebut terdapat beberapa penyempurnaan, yakni ukuran turbo diperkecil sebanyak 30%, sehingga meningkatkan respon efektifitas turbo sampai 50% di banding turbo sebelumnya. Logika nya ketika ukuran baling-baling turbo lebih kecil, maka akan lebih responsif ketika diputar oleh gas buang.

Penggunaan teknologi Variable Nozzel Turbo (VNT)pun sudah disematkan. Cara kerja VNT adalah, turbo tersebut bisa mengatur kecepatan aliran gas buang (sebagai pemutar baling-baling turbo) terutama saat putaran rendah. Sehingga saat rpm rendah, efektifitas turbo sudah terasa. Yang beda bila enggak menggunakan VNT, butuh rpm tinggi untuk turbo bekerja efektif.

Penyempurnaan lainnya yakni efisiensi pembakaran ditingkatkan dengan implementasi beberapa teknologi baru, seperti TSWIN (Thermo Swing Wall Insulation) yang membuat panas pembakaran di silinder dimanfaatkan dengan lebih baik sebagai energi gerak. Pada lapisan atas piston juga ditambah dengan silica reinforced porus anodized, dengan tujuan yang sama dengan thermo swing. Efek dari itu efisiensi thermal-nya bisa sampai 44% dan emisi gas buang nya juga lebih bersih.

Penambahan intercooler juga merupakan hal baru di Kijang Innova, karena generasi sebelumnya belum menggunakan. Perubahan pada injector juga dilakukan. Dulu injektornya 6 lubang, sekarang jadi 8. Efek positifnya adalah penyebaran solar di ruang bakar lebih luas dan mempercepat proses pembakaran.