Trik Membawa Barang Bawaan yang Aman di Mobil

Barang bawaan sering kali jadi masalah saat hendak bepergian menggunakan mobil. Apalagi jika volume bagasi terbatas, sementara barang yang dibawa cukup banyak. Terkadang kabin ikut disesaki barang tersebut. Sialnya terkadang hal tersebut dapat berpengaruh pada kenyamanan penumpang bahkan mengganggu pengemudi, yang berpotensi menyebabkan kecelakaan. 

Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk menyusun barang bawaan agar tidak mengganggu pengemudi dan kenyamanan penumpang. Terutama MPV yang diisi 7 penumpang sehingga menyisakan bagasi terbatas. 

1. Memilah barang. Buat daftar barang yang akan dibawa, bijak memilih barang sesuai kebutuhan. Langkah selanjutnya memilih koper atau tas yang sesuai dengan kondisi bagasi. Jangan paksakan menggunakan koper berukuran besar jika tidak muat masuk bagasi. 

2. Jangan menghalangi pandangan. Banyaknya barang yang harus dibawa terkadang memaksa penumpang untuk meletakkan barang hingga menutupi kaca belakang. Hal ini kerap terjadi pada hatchback. Ruang sisa di belakang sandaran kepala penumpang belakang kerap diisi barang. Nah, hal ini bisa menghalangi pandangan belakang pengemudi dari spion tengah. Untuk mengamankan bawaan agar tidak jatuh saat pintu belakang dibuka (biasanya MPV) bisa menggunakan tambahan cargo net. Bisa ditemui di toko aksesori dengan banderol mulai Rp 200.000 - 300.000. 

3. Bagasi tambahan. Manfaatkan penggunaan roof box untuk menyimpan barang yang sudah tak mampu dimasukkan. Bila belum tersedia roof rack, pastikan Anda membeli pendukung pemasangan box berupa pengait yang sesuai. Jangan paksa mengikat barang di atas atap tanpa box, meski ada roof rack. Karena bisa mengurangi stabilitas berkendara dan basah ketika diguyur hujan. Jika ditutup terpal bisa mengganggu kenyamanan karena cenderung berisik saat diterpa angin. 


4. Kompartemen tambahan. Untuk barang bawaan kabin pastikan tidak terlalu besar agar tidak membuat sesak. Jika membawa minuman pastikan ditempatkan di glove box yang memang disediakan untuk gelas atau botol minuman. Jika kurang bisa memanfaatkan kompartemen tambahan yang biasanya diikatkan di sandaran belakang. Aftermarket tersebut bisa didapat di toko aksesoris dengan harga mulai Rp 100.000. 

5. Ruang kemudi steril. Jangan letakkan barang-barang di ruang kemudi, seperti dasbor. Untuk konsol tengah jangan terlalu berlebihan dan pastikan tidak menggangu pengemudi menjangkau tuas pernelling dan rem parkir.