Toyota NAV1 dan Mazda Biante adalah mobil yang baru diluncurkan, keduanya sama-sama diklaim sangat memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia terutama keluarga besar yang suka pelesiran. Keduanya juga memiliki keunggulan masing-masing, memiliki desain mobil
futuristik. Yuk kita intip spesifikasi kedua mobil
tersebut:
Mesin
Dari sisi mesin, Toyota NAV1 memiliki tenaga yang lebih besar dari ketiganya. Sementara Serena unggul di torsi. Toyota
NAV1 menggunakan mesin 2.000 cc 3ZR FAE, 4 silinder 16 valve DOHC with
VALVEMATIC bertenaga daya maksimum 158 Ps pada 6.200 RPM dan torsi 196
Nm pada 4.400 RPM. Mesin ini dipadukan dengan sistem CVT, 7
percepatan shift tronic dengan asupan bahan bakar EFI. Salah satu
keunggulan NAV1 adalah sistem valvematic yang membuat NAV1 memiliki
konsumsi BBM 1:12, dalam pengetesan detikOto paling boros mesin NAV1
mencatat angka 1:9.
Mazda Biante diperkuat mesin 2.000 cc 4 silinder DOHC 16 valve dengan Sequential Valve Timing (SV-T) dan Electronic Throttle Control (ETC) yang dikawinkan dengan Direct Injection. Mesin ini bisa menyemburkan tenaga 150 Ps pada 6.200 RPM dengan torsi 190 Nm pada 4.500 RPM. Sayang kami belum sempat menjajal konsumsi BBM mobil ini.
Mazda Biante diperkuat mesin 2.000 cc 4 silinder DOHC 16 valve dengan Sequential Valve Timing (SV-T) dan Electronic Throttle Control (ETC) yang dikawinkan dengan Direct Injection. Mesin ini bisa menyemburkan tenaga 150 Ps pada 6.200 RPM dengan torsi 190 Nm pada 4.500 RPM. Sayang kami belum sempat menjajal konsumsi BBM mobil ini.
Interior
Ini dia bagian yang penting untuk sebuah MPV mewah. Untuk interior
ketiganya mengandalkan desain mewah dan memikat. Ketiganya menawarkan
kepraktisan dan kelegaan kokpit. Toyota NAV1 hanya bisa menampung 7 penumpang saja sedang lawannya bisa sampai 8 penumpang.
Toyota NAV1 hanya bisa menampung 7 penumpang karena kursi tengah mengadopsi tema captain seat. Kursi tengah NAV1 bisa digeser 60 derajat untuk memudahkan penumpang masuk. Asyiknya kursi model ini bisa diputar 180 derajat, jadi penumpang di baris kedua dan ketiga bisa saling berhadap-hadapan.
Namun Mazda tak kalah baik. Kursi baris ke-2 yang tersedia rel bisa dimundurkan sampai belakang. Jadi kabin tengah semakin lebar.
Toyota NAV1 hanya bisa menampung 7 penumpang karena kursi tengah mengadopsi tema captain seat. Kursi tengah NAV1 bisa digeser 60 derajat untuk memudahkan penumpang masuk. Asyiknya kursi model ini bisa diputar 180 derajat, jadi penumpang di baris kedua dan ketiga bisa saling berhadap-hadapan.
Namun Mazda tak kalah baik. Kursi baris ke-2 yang tersedia rel bisa dimundurkan sampai belakang. Jadi kabin tengah semakin lebar.
Fitur
Pada Toyota NAV1, tersedia fitur dual zone air conditioner dengan pollen
removal. LCD berukuran 5,8 inci yang sudah dilengkapi peta navigasi
(tipe V). Juga ada fitur rear seat entertainment untuk penumpang. Audionya
bisa memutar berbagai interface media terkini. Suara yang keluar dari
audio double DIN pun cukup baik. Fitur ECO juga tersedia, tetapi fitur
ini hanya memberitahukan apakah cara mengemudi Anda sudah ekonomis atau
belum.
Mazda Biante dilengkapi dengan audio double DIN. Yang paling menarik begitu AC dinyalakan, fitur Anti-allergenic langsung aktif. Fitur tersebut bisa membunuh virus di kabin interior.
Harga
Mazda Biante dilengkapi dengan audio double DIN. Yang paling menarik begitu AC dinyalakan, fitur Anti-allergenic langsung aktif. Fitur tersebut bisa membunuh virus di kabin interior.
Harga
Harga Toyota NAV1 tipe G Rp 381,9 juta, tipe V Rp 401,9 juta NAV1
tipe G A/T LUX dijual Rp 388,4 juta sedangkan varian termahal NAV1 V A/T
LUX dijual Rp 408,4 juta. Mazda Biante dibanderol Rp 380 juta on the road Jakarta.