Aplikasi fitur keselamatan airbag
kini sudah lazim ada di mobil. Tapi siapa yang tahu kalau teknologi ini
ternyata akan segera berulang tahun ke 25. Dan pihak yang berbahagia
adalah Volvo yang serius mengembangkannya sejak dahulu.
Mobil yang dilengkapi dengan airbag sendiri diproduksi pertama kali pada tahun 1987 ketika Volvo mengeluarkan model Volvo 850.
Mobil yang dilengkapi dengan airbag sendiri diproduksi pertama kali pada tahun 1987 ketika Volvo mengeluarkan model Volvo 850.
Menilik ke belakang, konsep sebuah airbag sebenarnya sudah tercetus sejak tahun 50an ketika ada sebuah gambar paten pada tahun 1955 yang mirip dengan airbag. Tapi konsep itu tidak berkembang. Apalagi pada paten tersebut pengembangan airbag harus menekan sebuah tombol, tidak otomatis seperti sekarang ini.
Pengambangan airbag terhitung berjalan makin cepat ketika lahir RUU di Amerika Serikat pada tahun 1984 dimana selain sabuk pengaman, tiap mobil juga harus dilengkapi sistem pengaman yang berfungsi otomatis tanpa harus diaktifkan oleh pengemudi.
Volvo pun langsung bekerja. Terlebih, Volvo sejak tahun 1959 juga tercatat sebagai pencipta sabuk pengaman 3 titik yang saat ini digunakan dihampir seluruh mobil yang ada di dunia. Pengembangan airbag itu pun mereka integrasikan dengan keamanan sabuk pengaman.
Seiring jalannya waktu, merek mobil yang memang fokus pada sistem keamanan di mobil itu juga mengambangkan airbag samping yang membantu pengemudi untuk terlindung dari dampak tabrakan samping. Hal itu mereka perkenalkan pada 1994.
Selanjutnya, Volvo juga menciptakan airbag 'tirai' yang menutupi jendela samping ketika tabrakan terjadi. Di tahun 1998, airbag atas juga mereka perkenalkan dan menjadi fitur standar ditiap modelnya yang melindungi pengendara dan penumpang ketika mobil berguling.
Setelah 25 tahun, menyempurnakan teknologi airbag merupakan bagian penting dari tujuan Volvo untuk membangun mobil teraman di dunia.
Pengembangan airbag pun masih terus dilakukan oleh Volvo. Di tahun ini, Volvo tercatat memperkenalkan airbag
pejalan kaki yang mereka tempatkan di atas kap mesin di eksterior
mobil. Kantung udara itu tersembunyi tapi akan menyebar bila terjadi
tabrakan.
Airbag luar itu menurut mereka penting untuk melindungi pejalan kaki dari efek tabrakan. Tercatat Volvo V40 sudah menerapkannya dan mobil ini kini didaulat sebagai mobil teraman di dunia.
Airbag luar itu menurut mereka penting untuk melindungi pejalan kaki dari efek tabrakan. Tercatat Volvo V40 sudah menerapkannya dan mobil ini kini didaulat sebagai mobil teraman di dunia.