Tips Aman Beli Mobil Bekas

Beli mobil seken atau bekas merupakan salah satu alternatif untuk mendapatkan kendaraan pilihan apalagi dengan harga yang relatif terjangkau.
Namun sering kali, mobil tidak memiliki surat-surat yang benar, banyak mobil bekas yang memiliki surat-surat aspal. Agar tidak terjerumus, berikut tips memeriksa STNK dan BPKB ketika anda akan membeli kendaraan seken atau bekas:

1. Baca semua informasi yang tertulis di halaman pertama, kedua dan ketiga BPKB. Halaman-halaman ini memuat segala sesuatu tentang identitas mobil tersebut. Perhatikan No BPKB dan No registrasi POLDA.

2. Periksa STNK dan Lembar Pajak secara benar. Di lembar STNK terdapat No. STNK disudut kanan atas, tanggal pengesahan dan pejabat kepolisian yang bertanda tangan. Pastikan No dan tahun pengesahan sama. Lihat lembar pajak secara teliti karena pajak yang telah dibayar akan divalidasi oleh samsat yang terdapat jam, tanggal pembayaran dan jumlah pajak terbayar.

3. Lakukan pengecekan fisik di SAMSAT terdekat sebelum melakukan pembayaran. Lelah sehari tidak mengapa dari pada menyesal kemudian.

4. Periksa Faktur, VIN/NIK dan Form A dari Dirjen Bea dan Cukai. Pastikan NOKA dan NOSIN sama dengan BPKB dan STNK.

5. Perhatikan dengan baik tekstur kertas, warna tulisan, jenis huruf, tanda tangan pejabat dimasing-masing dokumen. Sesuatu yang palsu pasti akan terlihat tidak biasa.

6. Jangan pernah tergiur dengan harga mobil murah. Mintalah Foto Copy semua dokumen dan lakukan pengecekan di POLDA. Foto copy itu juga berguna untuk Anda sebagai spesimen/ sampel yang bisa Anda cocokan dengan dokumen mobil lain yang sejenis.

Cara Mudah Bersihkan Dasbor Mobil

Dasbor merupakan bagian interior yang sering ditumpuki oleh debu, khususnya mobil  dengan kaca sering terbuka atau pengemudinya perokok. Dapat dibayangkan, kalau dibiarkan begitu saja dalam waktu cukup lama, dasbor jadi kusam. Bahkan, bisa mengganggu kesehatan pengemudi dan penumpang, khusus bila AC dioperasikan. Karena itulah, dasbor perlu dibersihkan agar penampilan resik dan mengilap, termasuk bagian-bagian yang sulit dijangkau.


Berikut proses membersihkannnya:

1. Usap permukaan dasbor dengan lap plaschamois dengan kondisi sedang (tidak terlalu basah dan kering). Dengan cara ini, debu yang menempel di permukaan dasbor sudah bisa dihilangkan. Kendati demikian masih meninggalkan kotoran yang sudah melekat lama.

2. Setelah kering semprotkan obat pembersih atau pengilap ke permukaan dasbor. Penyemprotan dilakukan per bagian agar bisa dibersihkan dengan cepat menggunakan sikat gigi atau kuas sebelum kering. 

3. Usap permukaan yang telah dibersihkan dengan lap sebelum obat mengering. Biasanya kotoran yang sudah menempel pada dasbor terangkat oleh lap tersebut, kotoran tampak pada lap.

4. Untuk celah permukaan yang sempit seperti lubang AC dan pinggiran head unit,menggunakan korek kuping. Basahi kapas dengan obat kemudian gosokkan berulang-ulang. Lalu usap menggunakan sisi yang satu lagi (yang masih kering dan bersih). 

5. Ingin lebih rapi lagi, bersihkan permukaan trim pintu (dari kulit atau plastik). Proses sama dengan membersihkan dasbor.

Mitos-Mitos yang Salah Tentang Ban Mobil (Bag.2)

Banyak orang belum mengerti seluk-beluk memperlakukan ban, tapi banyak juga yang sok tahu. Maka dari itu beredarlah segudang mitos tentang ban. Celakanya, bila mitos yang salah dipercaya publik, ini akan membuat ribuan nyawa terancam.
Berikut sejumlah mitos mengenai ‘si karet bundar’ bagian kedua:

6. Makin lebar alur airnya, berarti cengkeraman ban makin baik
Tidak benar. Semakin lebar alur airnya berarti semakin sedikit karet yang menempel ke jalan. Ini akan sangat merugikan di saat kondisi jalan kering. Dan sebagian besar waktu kita berjalan dengan mobil adalah saat kering.

7. Makin mahal ban makin bagus performanya
Di banyak kasus, ya. Ban mahal di ukuran dan kelas yang sama, bukannya tanpa alasan. Ini adalah kompensasi dari riset mahal yang dilakukan oleh produsennya. Berdasarkan tes ban yang dilakukan beberapa lembaga independen di Amerika, ban berharga mahal cenderung memberi cengkeraman baik, memiliki kebisingan lebih rendah, daya tahan lebih lama, serta hambatan gelinding lebih rendah.
8. Makin tipis ban makin mudah rusak
Belum tentu. Bila dalam pemakaian normal di jalan halus, ban profil tipis justru bisa lebih panjang umur pakainya. Ini karena cengkeraman yang tinggi sehingga tapak ban jarang bergeser terhadap aspal. Tapi memang, bila sering menghantam jalan rusak, profil ban tipis akan mempercepat rusaknya ban, atau bahkan pelek.

9. Spooring mempengaruhi keausan ban
Ya. Bahkan ini adalah salah satu faktor terberat yang mempengaruhi keausan ban. Spooring  yang tidak benar akan membuat ban habis secara cepat dan tidak merata. Untuk itu sangat dianjurkan Anda melakukan spooring  setiap 10.000 km atau ketika ada gejala lain yang dirasakan seperti setir membuang ke satu arah dan ban berdecit ketika membelok patah.

10. Ban kotor lebih mudah kempis
Ya. Ketika kering, debu atau lumpur mungkin hanya berada di luar ban. Tapi begitu hujan, air akan mempermudah kotoran tadi menyelusup ke sela-sela ban dan pelek. Ini dapat menyebabkan ban kempis secara perlahan.

Mitos-Mitos yang Salah Tentang Ban Mobil (1)


Ban benar-benar berpengaruh terhadap nyawa kita. Dari ribuan komponen yang ada di kendaraan, hanya ban yang menghubungkan sebuah mobil ke aspal. Tak peduli seberapa cepat dan canggih mobil Anda, pada akhirnya banlah yang menentukan keselematan Anda di jalan.
Berikut sejumlah mitos salah  mengenai ‘si karet bundar’:

1. Ban baru harus ditempatkan di depan ketimbang di belakang
Tidak benar. Atas dasar asumsi roda depan berfungsi sebagai pengatur arah kendaraan dan beberapa kendaraan digunakan sebagai penggerak, membuat roda depan perlu mendapat ban terbaik. Tak heran bila banyak mekanik menyarankan untuk menempatkan ban baru di poros depan, ketimbang di belakang.

Traksi optimal di bagian depan lantaran menggunakan ban baru membuat mobil cenderung mudah mengalaami gejala oversteer  atau sering disebut ngepot.  Hal ini disebabkan ban belakang memiliki daya cengkeram yang lebih buruk ketimbang roda depan.

Bila kondisinya dibalik, tentu Anda akan berpikir bahwa gejala understeer  akan mudah terjadi. Namun gejala ini akan sulit terjadi lantaran pengemudi dapat langsung mendeteksi sejak awal. Dan antisipasi gejala understeer lebih mudah dilakukan ketimbang oversteer.  Atas dasar itulah, kedua ban baru perlu ditaruh di bagian belakang ketimbang roda depan.

2. Tekanan angin ban perlu dikurangi saat hujan
Berasumsi akan memperoleh daya cengkeram optimal, tak sedikit orang berpikir untuk mengurangi tekanan angin ban dari kondisi ideal saat hujan. Padahal, tindakan ini justru membuat telapak ban menjadi tidak menapak sempurna ke permukaan jalan.

Dengan bagian tengah yang melengkung akibat berkurangnya tekanan, membuat ban kesulitan untuk membuang air ke samping. Akibatnya gejala aquaplaning  pun menjadi mudah terjadi ketika mobil menerjang genangan air. Apalagi hujan membuat suhu ban menjadi dingin. Kondisi ini membuat tekanan angin bisa turun hingga 1 psi.

Idealnya, tentu tekanan angin ban perlu dijaga agar tetap berada dalam batas rekomendasi pabrik. Dengan begitu daya cengkeramnya akan tetap optimal di beragam kondisi cuaca dan jalan.

3. Ban bisa meledak tiba-tiba setiap saat
Tidak benar. Apalagi dalam kondisi normal. Dengan teknologi tanpa ban dalam alias tubeless,  ban tidak bisa meledak. Jika sampai meledak, berarti ada kerusakan terlebih dahulu. Misalnya ban telah memiliki tambalan sehingga kawat baja di dalam ban menjadi rusak atau kerikil yang menyelinap di antara pattern  ban dalam jangka waktu yang lama.


4. Kemampuan ban saat hujan tergantung model alurnya
Tidak sepenuhnya benar. Saat ban menggelinding, memang alur air yang akan berpengaruh pada efektivitas ban membuang air ke samping. Tapi di saat pengereman mendadak sampai ban mengunci, alur tidak memiliki pengaruh. Di sini justru kompon ban yang ambil peranan. Maka dari itu, sebaik apapun alurnya, bila komponnya keras ban dapat membahayakan di jalan licin.

5. Makin keras tekanan ban makin mudah pecah
Salah. Konstruksi ban dibuat sedemikian rupa sehingga tahan hingga tekanan 40 psi. Justru sebaliknya, tekanan terlalu rendah yang dapat membuat ban menjadi lebih rentan pecah, karena keadaan itu membuat kerja dinding ban semakin fleksibel dan memungkinkan kawat pada sidewall  putus dan menyebabkan ban pecah.

Volkswagen Segera Luncurkan Mobil Murah

Volkswagen berencana memproduksi mobil murah perdananya di China untuk bersaing dengan Dacia dari Renault atau Datsun. 

China menjadi pilihan utama karena punya potensi 3 juta unit pertahun untuk segmen mobil murah (budget car), terbesar di seluruh dunia. VW punya kesempatan memproduksinya dengan mitranya lokal, jika proyek ini mendapat lampu hijau.
Mobil murah VW akan mengisi ceruk pasardengan harga 5.000-10.000 euro (Rp 64,9 juta - Rp 129,9 juta) per unit. Model yang mungkin diproduksi meliputi MPV, wagon dan sedan kompak.

Target utama mobil ini adalah negara berkembang seperti Brasil, Rusia, India dan China. Tetapi tidak menutup kemungkinan juga dipasarkan di Eropa, termasuk Jerman.
Keputusan memproduksi mobil murah untuk negara-negara berkembang diputuskan tahun ini. Fokus utama VW adalah menekan biaya produksi serendah mungkin sekaligus memutuskan apakan tetap menggunakan merek VW atau lainnya.

Jika masuk ke segmen pasar ini untuk pertama kalinya, sangat penting menjaga nilai investasi tetap rendah. Salah satu cara, memanfaatkan model-model lama VW untuk mobil murah, ketimbang harus meneliti karena biayanya makin mahal.

"Plus Minus" Memilih Parfum Mobil

Setiap orang bisa berbeda selera dalam hal pemilihan wewangian ini, maka terciptakan berbagai aroma rasa. Begitu pula dengan pemilihan bentuk serta kemasan parfum mobil itu. Untuk kendaraan, umumnya jangka waktu aroma dari parfum bekerja optimal berkisar 30 hingga 60 hari. Mari kita simak plus minus dari berbagai jenis parfum yang tersedia pasar saat ini.
Alkohol dan non-alkohol
Untuk ketahanan pemakaian, aroma wewangian kerap mengadopsi zat lain. Namun biasanya parfum mobil ada yang menggunakan alkohol dan ada juga yang tidak.

Untuk parfum yang menggunakan alkohol, ciri paling kentara adalah produk ini mudah menguap dan aromanya sedikit menyengat. Efeknya, penciuman Anda terasa kering dan dapat menimbulkan alergi. Selain itu, ada perubahan bentuk seperti yang terjadi pada parfum gel.

Sementara untuk parfum berbentuk cair, lama kelamaan menjadi lebih kental akibat kandungan alkoholnya menguap. Ujung-ujungnya, aroma harum turut memudar. Singkatnya, waktu pakainya lebih pendek, tidak sesuai seperti yang tertulis pada kemasannya.

Lain halnya dengan parfum non-alkohol. Produknya jelas lebih ramah lingkungan dan tidak menyebabkan alergi. Untuk produk ini, biasanya lebih tahan lama pemakaiannya. 

Bentuk dan kemasan
Botol
Pada awalnya, sebagian besar parfum mobil menggunakan kemasan botol. Bisa dibilang model ini trendy dan beredar hingga kini. Apalagi desain botol parfum pun dibuat beragam agar lebih menarik atau lebih mudah untuk diletakkan.

Umumnya, parfum cair menggunakan wadah ini. Namun ketika salah peletakkan dan tidak menggunakan perekat (double tape), kemungkinan tumpah cukup besar. Dan ketika dibiarkan lama dan mengering, sulit untuk dibersihkan.

(+): Desain beragam, bisa diisi ulang, isi bisa dipantau
(-): Mudah tumpah, menggangu konsentrasi mengemudi

Kaleng/plastik
Untuk kemasan seperti ini, parfum yang dikemas dalam kaleng atau plastik cukup digandrungi. Selain praktis, pemasangannya serta peletakkan bisa lebih fleksibel sesuai keinginan pengguna. Sementara content-nya, selain dari cairan, model ini juga bisa mengadopsi gel.

(+): Bisa diisi ulang, praktis dan fleksibel dalam peletakan
(-): Residu kotor, bisa menyimpan debu


Klip pada AC
Soal kepraktisan, model klip parfum ini begitu menonjol. Selain kemudahan dalam pemasangan, aroma parfum bisa langsung menyebar ke seluruh kabin ketika AC diaktifkan. Umumnya, content cair mendominasi bentuk kemasan ini. Apalagi refill-nya pun tersedia. Tinggal dilekatkan di antara kisi-kisi AC, aroma wewangian langsung menebar.

(+): Praktis dalam penempatan, aroma cepat menyebar merata,
(-): Kerap merusak kisi-kisi AC, aroma cepat memudar

Gantung
Selain praktis dalam peletakan, harga kemasan seperti ini juga lebih terjangkau. Tinggal buka salah satu ujung kemasan dan menggantungnya. Aroma pun langsung menebar ke seantero kabin. Sementara content-nya pun beragam. Mulai dari cairan, gel hingga rempah-rempah pun tersedia.

(+): Harga terjangkau, bisa isi ulang, praktis 
(-): Desain biasa saja, bisa mengganggu konsentrasi, aroma cepat pudar

'Intelligent Drive' Teknologi Terkini dari Mercedes Benz

Sebuah evolusi dari teknologi pengenal rambu-rambu lalu lintas kini sudah digunakan oleh Mercedes-Benz. Teknologi 'peringatan salah jalan' ini menggunakan kamera yang dipasang di dalam kaca depan untuk mengenali rambu-rambu yang melarang mobil untuk memasuki jalan tersebut.
Piranti itu akan memperingati pengemudi dengan peringatan visual dan akustik. Teknologi ini juga dapat mengenali batas kecepatan di wilayah tertentu dan tanda dilarang menyalip.

Mercedes meluncurkan sistem ini sebagai bagian dari kampanye 'Intelligent Drive' mereka, yang mulai akan digunakan pada Mercedes S-Class dan E-Class terbaru, dan secara bertahap akan menyebar ke seluruh jajaran mobil Mercedes lainnya.

Pada awalnya, sistem ini hanya tersedia di Jerman, namun Mercedes mengatakan mereka akan mengupayakannya untuk dapat digunakan di negara lainnya.

Tujuan sistem ini adalah mengurangi kecelakaan mengemudi, Mercedes-Benz mengorientasikannya di kehidupan nyata untuk memberikan perlindungan terbaik bagi semua pengguna jalan.

Gagasan menggunakan sistem Intelligent Drive adalah untuk mengurangi risiko pengemudi yang secara tidak sengaja mengemudi melawan arus lalu lintas, kami selangkah lebih dekat untuk mencapai tujuan ini.

Tips Pilih Bengkel Perbaikan Bodi dan Cat

Ketika mobil Anda memerlukan reparasi bodi dan cat, bengkel mana yang mesti dipilih? Apakah bengkel resmi ATPM atau justru pilih bengkel perorangan berkualitas yang memiliki harga lebih rendah. Bagaimana pula cara mendeteksi bengkel bodi dan cat yang baik?

Cara paling akurat melihat kualitas kerja sebuah bengkel bodi dan cat perorangan adalah dengan menjadi pelanggan dan menilik sendiri hasilnya. Tapi cara itu berisiko dan memiliki potensi merugikan. Apakah harus mobil kesayangan Anda berwarna belang karena uji coba ini? Berikut ada beberapa tips sebelum memasukkan mobil Anda ke sebuah bengkel perbaikan bodi. 

1. Lihatlah fasilitas yang dimiliki bengkel, mulai dari oven, gedung kantor sampai tempat parkir. Oven saat ini merupakan perlengkapan wajib untuk kualitas pengecatan terbaik.

2. Kebersihan bengkel menjadi salah satu faktor penentu kualitas pengecatan. Bengkel cat yang baik akan memiliki tempat pengecatan dan pemolesan yang terpisah agak jauh. Ini untuk menghindari debu poles merusak cat.

3. Tipe mobil yang dikerjakan juga bisa diperhatikan. Semakin banyak mobil keluaran terbaru atau mewah di dalamnya, berarti bengkel tersebut cukup dipercaya oleh pihak asuransi atau kalangan antusias otomotif.

4. Tanyakan jaminan dari bengkel bersangkutan. Bila berani menjamin sampai 6 bulan, berarti kualitasnya cukup tinggi.

5. Terakhir, cari referensi dari rekan Anda yang terpercaya. Sebuah bengkel cat berkualitas akan dengan mudah menyebar informasinya dari mulut ke mulut. 

Inilah Teknologi Lampu Terbaru dari Audi

Pabrikan otomotif asal Jerman, Audi memamerkan teknologi pencahayaan mobil terbarunya. Kali ini Audi merilis konsep lampu ekor dengan teknologi 'Swarm'.

Audi disebutkan menggunakan konsep bentuk lampu yang lebar dan menggunakan teknologi pencahayaan OLED (organic light-emitting diode).
Lampu canggih yang terlihat seperti sekawanan serangga ini akan bereaksi terhadap gerakan-gerakan yang dibuat mobil, sehingga pengendara di belakangnya diharapkan dapat memahami dan dapat mengantisipasi pergerakan dan manuver mobil.

Lampu ini akan bergerak dengan tampilan yang indah setiap kali mobil di gas. Ketika mobil berbelok, lampu mobil tersebut secara berbarengan akan berpindah ke arah mobil dibelokan, berikut tampilan cahaya lampu sen uniknya.

Ketika mobil melambat dan berhenti, tampilan lampunya juga akan semakin mengecil selaras dengan kecepatan mobil yang berkurang.

Karena di masa depan mobil-mobil akan memiliki suara yang lebih minim sehingga butuh cara yang lebih baik untuk mengetahui keberadaan mobil dan menjaga jarak keselamatan antara mobil yang satu dengan yang lainnya.

Mobil Super Terbaru dari Porsche Siap Hadang Para Pesaing


Porsche siap menghadirkan mobil super dengan kode 'FeFi' atau (Ferrari fighter) sebagai penerus Porsche 960 dengan memiliki mesin 8 silinder. Hal ini pun sekaligus membuktikan Porsche 960 siap menantang Ferrari F12 Berlinetta dan Aventador Lamborghini.

Untuk membuat kendaraan ini jauh lebih bertenaga. Selain memiliki mesin 8 silinder, Porsche 960 pun siap menempelkan 4 turbocharged ditubuhnya. Bersama 2 intercooler, 4 camshaft yang disesuaikan dan beberapa perubahan mesin lainnya.
Sehingga mobil anyar ini pun diprediksi mampu berlari hingga 650 tenaga kuda. Memang tenaga itu masih dibawah sedikit pesaingnya dari Italia, yang mampu menyemburkan tenaga hingga 740 tenaga kuda. Namun porsche segera menemukan solusi untuk masalah ini.

Mesin porsche kali ini juga akan dikawinkan dengan transmisi tujuh kecepatan dual-clutch otomatis. Diprediksi mobil ini pun hanya membutuhkan waktu 2,5 detik mobil dari 0- 100 km/jam. Ini tergolong akselerasi yang sangat cepat dan lebih cepat dari mobil Ferrari dan Lamborghini yang ada sekarang.

Fakta Menarik Tentang 'Cadillac One'

Di balik kokohnya limousin hitam mobil kepresidenan Amerika Serikat yang kerap disebut sebagai 'Cadillac One', ternyata tersimpan fakta menarik di dalamnya. Inilah fakta-fakta menarik tersebut.


Tidak Terlihat Seperti Mobil Mewah Khas Cadillac
Berbeda dengan mobil kepresidenan sebelumnya, The Beast memiliki cukup banyak kesamaan dengan mobil produksi standar. Sasis, mesin diesel, dan transmisinya sama seperti yang digunakan truk komersil Chevrolet Kodiak. Hanya beberapa bagian lain yang bernuansa Cadillac yaitu lampu depan dari Cadillac Escalade dan lampu belakang dari Cadillac STS.

Menggunakan Mesin Diesel
Mobil ini menggunakan mesin Duramax Diesel 6.500 cc. Selain karena daya tahannya, mesin diesel juga memiliki volatilitas rendah sehingga mengurangi risiko meledak. Bahan bakar diesel pun dapat dengan mudah diperoleh di setiap negara yang Obama kunjungi. Karena mobil ini selalu dibawa oleh Gedung Putih kemana pun Obama berkunjung.

Kecepatannya Lambat
Dengan bobot hampir 10 ton, The Beast memiliki gerak sangat lambat. Akselerasi untuk mencapai kecepatan maksimumnya pada 96 km/jam membutuhkan waktu sekitar 15 detik. Rasio bahan bakarnya cukup boros, yakni satu galon untuk jarak 8 mil .

Memiliki Pesawat Pengangkut Sendiri
The Secret Service, Dinas Rahasia AS menggunakan pesawat pengangkut Globemaster C-17 untuk mengangkut The Beast, beberapa limousin lain dan kendaraan komunikasi berlapis baja Chevrolet Suburban setiap saat ketika Presiden bepergian.

Kendaraan Lapis Baja Terbaik di Dunia
Mungkin tidak ada kendaraan berlapis baja terbaik selain limousin ini. The Beast menggunakan delapan lapis pelat baja setebal 8 inci dan berat pintunya sama dengan pintu pesawat Boeing 757. Jendela antipeluru memiliki ketebalan lima inci dan lima lapisan untuk meredam ancaman senjata. The Beast juga menggunakan ban Goodyear dengan ukuran seperti ban sebuah bus dan antibocor. Interiornya diklaim dapat menahan serangan kimia. Sementara sebuah busa khusus membungkus tangki bahan bakarnya untuk mengantisipasi kebocoran.

Penuh Peralatan Khusus
Di bagian dalam The Beast terintegrasi berbagai peralatan khusus seperti pemadam kebakaran, tangki oksigen, tabung gas air mata, senapan, peluncur granat. The Secret Service pasti telah belajar banyak dari penembakan Presiden John F Kennedy langsung di mobil kepresidenannya.

Cukup untuk Tujuh Penumpang.
The Beast memiliki tiga penumpang utama yaitu supir, satu agen pelindung rahasia di kursi penumpang depan dan juga Presiden Obama. Empat kursi tambahan di bagian belakang digunakan untuk tempat presiden dan para tamunya, beserta meja lipat sebagai pemisah.

Bukan Satu-satunya Limousin Kepresidanan
Limousin lainnya yang memiliki spesifikasi yang sama juga disiapkan untuk menerima pejabat asing dan tamu VIP ketika mereka berada di Washington DC. Limousin lain juga digunakan ketika Obama tengah melakukan perjalanan yang dianggap riskan. Dengan dua limousin dalam satu rombongan, tentunya teroris pun akan bingung mobil mana yang sebenarnya ditumpangi presiden.

Menggunakan Plat Nomor Spesial
Tahun ini, dalam langkah yang dimotivasi secara politik, Presiden Obama memilih menggunakan plat nomor 800 002. Gedung Putih mengatakan bahwa keputusan tersebut menunjukkan penghargaan Obama terhadap masyarakat di Washington DC atas dukungan mereka untuk memperjuangkan hak suara, pemerintahan, dan anggaran otonomi.

Honda Jazz Hadirkan Varian Baru yang Lebih Murah

Memanfaatkan momen di awal tahun, PT Honda Prospect Motor membuat penyegaran pada varian larisnya, Honda Jazz. 

Selain mempertahankan tipe yang sudah ada yakni model S dan RS, kini HPM menawarkan Jazz tipe A sebagai model terbaru dengan harga yang lebih murah. 
Konsekuensinya, fitur yang ditawarkan pada New Jazz tipe A, tidak selengkap model S atau RS. Seperti minusnya foglamp dan beberapa aksesoris lain. 
 
Dari sektor sumber tenaga masih mengandalkan mesin yang sudah ada. Yakni bertipe i-VTEC dengan kapasitas 1.5 liter, yang mampu menyemburkan daya 120 PS pasa putaran 4.800 RPM.

Sementara fitur unggulan Jazz tipe A diantaranya ULTRA Seat, untuk memberikan fleksibilitas pengaturan bangku belakang dan depan. Ada juga fitur Drive by Wire untuk memuluskan rasa berkendara, Power Door Mirror, Green Glass, Tilt Steering Wheel, layar informasi LCD. 

Perangkat keselamatan dengan bodi G-CON + ACE, Neck Shock Mitigation Seat untuk menjaga keamanan leher pada setiap penumpang. proteksi pejalan kaku, Anti-Lock Braking System plus EBD serta Immobilizer. 

Seperti di negara lain, kehadiran Honda Jazz di Indonesia sejak 2004, telah memicu tren baru di segmen hatchback nasional. Jazz hadir sebagai sebuah mobil ringkas yang sporty, bertenaga dan hemat bahan bakar.

Inilah Mobil Konsep Pemenang di Detroit Auto Show 2013

Berbagai mobil konsep hadir di ajang Detroit Auto Show 2013. Mulai dari model sedan, SUV hingga pikap. Adalah mobil konsep asal Jepang yakni Nissan Resonance dipilih sebagai mobil konsep terbaik di ajang megah yang diselenggarakan di kotanya otomotif itu.

Nissan Resonance yang juga sebagai penerus Nissan Murano ini berhasil membuat memukau para juri EyesOn Design Award.
Nilai terbesar berhasil didapati oleh Nissan Resonance karena mengadopsi desain atletis dengan atap mengambang yang disertai beberapa perubahan yang signifikan bila dibandingkan dengan Nissan Murano sebelumnya.

Nilai plus lain yang membuat mobil konsep ini semakin dipilih adalah teknologi mesin yang tersemat. Nissan Resonance hadir dengan powertrain hybrid dengan mesin konvensional CVT.

Kolaborasi mesin CVT 2.500 cc dan motor listrik tersebut menggerakkan keempat roda, dimana membuat kinerja kaki-kaki semakin kuat dan dinilai sempurna di beberapa medan.

Nissan Resonance lahir berkat tangan dingin Shiro Nakamura, senior vice president and chief creative officer Nissan Motor Co., Ltd.

Inilah Calon Kembaran Suzuki Ertiga

Persaingan di pasar mobil low MPV tampaknya membuat banyak pabrikan menggelontorkan modelnya di segmen tersebut. Dan kabarnya, Mazda yang identik sebagai brand dengan produk menengah atas turut melirik pasar ini dengan produk VX-1 yang berbasis Ertiga. 


Dalam foto spy shot yang ada di atas, sosok Ertiga tak lagi muncul dengan emblem dan logo Suzuki. Sebagai gantinya, logo Mazda dengan emblem VX-1 muncul di pintu belakang, yang desainnya nampak persis seperti Ertiga. 

Meski terbilang ganjil di Tanah Air tapi kerja sama dalam berbagi desain mobil telah dilakukan Suzuki dan Mazda di Jepang, yaitu pada produk citycar Suzuki Alto yang dire-badge menjadi Mazda Carol. 

Sementara bagi Suzuki, ini merupakan kali ke-3 desain mobilnya dipakai sebagai produk lain. Setelah dua produk sebelumnya, yakni Carry dan APV di rebadge menjadi Mitsubishi T120 dan Maven. 
Tentu dengan kerja sama ini, keuntungan yang didapat Mazda antara lain tak pusing dengan urusan riset dan pengembangan produk low MPV. Apalagi, mobil Ertiga juga telah mendapat hati di kalangan konsumen Indonesia. Terbukti dengan penjualannya sejak bulan April 2012 hingga kini yang lebih dari 30 ribu unit. 

Rencananya, Mazda VX-1 akan diproduksi dan dipasarkan di Indonesia sebagai produk CKD, dengan berbagi fasilitas pabrik Suzuki di Tambun, Bekasi. Namun sampai saat ini belum jelas detail spesifikasi yang akan diusungnya. 

Selain itu, dengan hadirnya VX-1 yang diprediksi akan bersaing ketat dengan si kembar, Avanza-Xenia maka line up MPV Mazda akan semakin lengkap.

Cermati Bunyi-bunyi di Mobil Pasca Banjir

Bagi pengguna mobil yang kemarin sukses menerjang banjir ringan harus bersiap memperbaiki mobilnya. Biasanya akan muncul bunyi-bunyi, kalau dibiarkan mengakibatkan kerusakan lebih parah.

Biasanya, munculnya bunyi-bunyi dari kaki 2-3 hari setelah mobil menerjang banjir. Utamanya dalam waktu cukup lama dan sering. Kalau cuma sesekali dan tidak terlalu lama kerendam, tidak ada yang rusak.


Rem
Komponen vital ini wajib diperiksa, khususnya rem cakram. Kotoran biasanya masuk antara kampas dengan cakram. Untuk mencegah cakram tergores, harus dibersihkan bersama dengan kampas. Periksa juga karet sil pada piston kaliper. Kalau sil aus, akibatnya sangat berbahaya, rem blong.

Untuk rem tromol, air bisa saja menyusup sepatu rem dan teromol. Bahkan bisa merintangan kerja per sepatu rem. Untuk ini, periksa seluruh komponen rem dengan cermat. 
Komponen rem dibersihkan selain dengan meniupkan udara dari kompresor, juga bisa menggunakan "brake part claner". Bila menggunakan cairan yang disebutkan terakhir (disemprotkan), bisa dilakukan tanpa melepas komponen rem dari tempat (namun roda tetap harus dicopot).
Kaki-kaki
Ball joint dan tie-rod juga wajib diperhatikan. Air yang tertinggal di dalam komponen ini bisa menimbulkan karat. Apalagi jika karet pelindungnya sudah getas. Jika dilakukan dengan cepat, tidak perlu mengganti suku cadang tersebut, cukup diolesi dengan gemuk. Karet pelindung as roda juga patut diperiksa karena sangat rentan kemasukan air. Apalagi yang sudah berumur dan mulai mengeras atau lecet-lecet.

Bushing
Komponen ini juga bisa rusak karena sering dan lama direndam banjir. Setiap terjadi gesekan dengan besi yang menyangganya, air masuk dan terjebak di dalamnya dan menimbulkan karat. Jika sudah begitu, bukan saja permukaan besi yang rusak, bushing dari karet tersebut akan aus dan menyebabkannya jadi longga. Bunyi-bunyian yang ditimbulkan semakin keras. Olesi bushing tersebut dengan gemuk atau bila perlu diganti

Inilah Aplikasi Pencegah Kecelakaan Saat Mengemudi

Beberapa pengembang membuat aplikasi smartphone untuk meminimalisir kecelakaan yang ditimbulkan saat melakukan aktifitas ponsel sambil mengemudi. Mengemudi sambil mengetik di ponsel akan selalu menjadi kegiatan berbahaya. Konsentrasi dan pikiran kita ke jalan akan terganggu sehingga dapat menyebabkan kecelakaan di jalan. 


Untuk itu beberapa pengembang aplikasi di smartphone menciptakan beberapa aplikasi:

1.DriveMode
DriveMode adalah aplikasi yang dapat aktif secara otomatis pada kecepatan 25 mil perjam. Aplikasi ini akan secara otomatis mengontrol setiap pesan teks, panggilan atau email masuk di telepon seluler mereka.

2.DriveScribe
Aplikasi yang satu ini dapat memonitor kecepatan kendaraan dan memblok teks dan panggilan masuk ketika mobil bergerak. DriveScribe juga dapat memberitahu pengendara mobil untuk segera menurunkan kecepatan ketika telah melewati batas kecepatan yang telah ditentukan

3.DriveOFF
Aplikasi ini dikembangkan oleh sebuah perusahaan asuransi yang fungsinya memberitahu pengendara jika telepon seluler yang mereka bawa di dalam mobil bergerak lebih dari 10 mil perjam yang akan secara langsung mematikan telepon seluler.

4.Canary
Canary bekerja untuk memberitahu orang tua mengenai pemakaian ponsel anak mereka ketika anak tersebut sedang mengendarai mobil. Aplikasi ini juga dapat memberitahu orang tua jika anak mereka mematikan aplikasi tersebut.

Tips "Darurat" Menerjang Banjir

Buat pengendara mobil yang terpaksa harus ke kantor atau ada urusan penting, kalau pun terpaksa harus mengandalkan kendaraan pribadi, kondisinya harus baik. Baik rem, mesin, dan keempat roda. Yang lebih penting lagi, harus menerjang genangan air di sejumlah titik. Inilah tips "darurat" saat melewati air.

Pengemudi harus mengatahui tingginya posisi saluran hisap (intake). Tujuannya, berkaitan dengan ketinggian air yang akan diterabas. Disarankan genangan air yang hendak dilewati tidak lebih tingginya dari 30 cm atau sekitar setengah pelek. Jika lebih dari itu,  air dengan mudah masuk ke ruang bakar melalui saluran isap (water hammer).
Makanya, penting diketahui ujung  dari intake yang biasanya  berada di dekat gril. Tapi, ada juga yang posisinya terletak di bagian bawah. Selain itu ada cara mengantisipasinya, copot belalai yang menempel di kotak filter udara. Biasanya diikat dengan pengunci (klem) yang bisa dilepas memakai obeng kembang atau kunci ukuran 8 atau 10. Setelah itu biarkan terlepas begitu saja. Dengan begitu intake akan menyedot udara dari posisi yang lebih tinggi.

Selain melepas belalai intake yang posisinya masih tergolong rendah, juga kendurkan pengunci rumah filter udara dan diganjal dengan kertas atau sedikit posisinya agar ada ruang udara masuk (lihat foto). Biarkan penutupnya (bagian atas rumah filter udara) tetap terpasang dengan mengunci beberapa bagian saja.Usahakan yang terbuka di bagian belakang dekat dinding pembatas ruang mesin dengan kabin.

Jangan lupa, setelah sampai tempat tujuan sambungkan lagi belalai dan sempurnakan penutup rumah filter udara dengan melepas ganjalan lalu kunci dengan benar.


Artikel Terkait:
Tips Buat Mobil yang Kena Banjir
Cermati Bunyi-Bunyi Di Mobil Pasca Banjir

Inilah Inovasi Terbaru dari Ban Mobil



Kabar gembira buat anda yang malas memeriksa kondisi telapak ban alias treadwear. Pasalnya, ada konsep baru untuk mengetahui tingkat keausan ban. Yakni dengan aplikasi ban dua warna atau yang disebut Discolor Tyre Concept.

Discolor Tyre Concept ini didesain oleh Gao Fenglin dan Zhou Buyi dengan memiliki lapisan terang berwarna orange karet yang tertanam pada bagian dalam ban.

Cara kerjanya mudah. Ketika tapak ban sudah tipis atau gundul sampai ketingkat minimum, atau kira-kira sudah dipakai sekitar 20.000 km, lapisan warna orange dibagian dalam akan menggantikan warna telapak yang hitam diluar.


Meski konsepnya sederhana, tetapi hal ini akan mempermudah pengemudi untuk mengetahui bahwa ban harus segera diganti.

Jadi anda tak perlu lagi berjongkok sambil memperhatikan tanda segitiga dan tapak ban yang selama ini menjadi indikator keausan ban.

Sayangnya, kedua desainer ban inovatif tersebut masih belum memberi keterangan mengenai kapan dan merek apa yang akan menganut teknologi tersebut.

Tips Aman Melakukan Perjalanan Malam dengan Mobil

Jika Anda berencana melakukan perjalanan ke luar kota dengan menggunakan kendaraan sendiri dan  melakukan perjalanan tersebut di malam hari. Nah, ada beberapa bekal yang perlu diperhatikan sebelum berkendara.
1. Bersihkan kaca, terutama jika kadar jamur yang menempel sudah cukup banyak apalagi di depan. Terlebih saat ini curah hujan sedang tinggi. Karena kondisi kaca berjamur yang terkena air dapat menghalangi pandangan akibat bias cahaya. Utamanya saat mendapat sorotan lampu baik dari mobil yang berlawanan arah maupun instalasi penerangan jalan.

2. Sesuaikan setelan lampu dengan standar pabrik. Jika sudah terlanjur dikutak-katik ada baiknya bawa ke bengkel resmi untuk minta dikembalikan ke posisi semula. Hal tersebut penting dilakukan karena bisa mempengaruhi jangkauan penyinaran lampu secara optimal.

3. Tidak dianjurkan menggunakan bohlam aksesoris (bukan rujukan pabrik). Apalagi menggunakan HID karena akan menimbulkan pantulan cahaya saat hujan atau berkabut. Fungsi lampu jadi berlawananan, bukannya menerangi tetapi menyilaukan.
4. Jika oli transmisi dan mesin  sudah mendekati dikuras, seumpama perjalanan jauh, sebaiknya diganti baru.

5. Periksa kondisi ban serep. Ada beberapa peralatan pendukung yang perlu dibawa seperti senter, sekring dan plas chamois.

6. Jika terjebak di kemacetan hingga berjam-jam, buka kaca setiap 4 jam sekali. Langkah tersebut berguna sirkulasi agar penumpang selalu mendapatkan udara segar dan tidak teracuni asap knalpot yang mungkin masuk ke dalam kabin.

Inilah Mobil Pencetak Rekor Kecepatan Terbaru

Sebuah rekor mobil tercepat anyar baru saja tercetak di Guinness Book of World Records. Mobil super tersebut adalah Hennessey Venom GT yang kini mendaulat diri sebagai mobil tercepat di dunia dalam hal akselerasi dari diam sampai 300 km/jam.

Rekor tersebut tercipta ketika sebuah Hennessey Venom GT mampu berakselerasi hingga 186,411 mil/jam atau sekitar 300 km/jam hanya dalam waktu 13,63 detik saja. Catatan waktu yang impresif itu dicatatkan di sebuah landasan pacu di Texas, Amerika Serikat.


Sebelum pemecahan rekor ini sebenarnya sebuah video yang memperlihatkan sebuah Hennessey Venom GT yang mampu melesat hingga 230 mil/jam atau sekitar 370 km/jam dalam waktu kurang dari 20 detik sempat diunggah Hennessey.

Angka itu saja sebenarnya sudah membuat geleng-geleng kepala. Sebab, mobil dengan topspeed tertinggi saat ini, Bugatti Veyron saja hanya mampu melesat ke 200 mil/jam atau 322 km/jam dalam waktu 24,2 detik.


Hennessey Venom GT model tahun 2013 sendiri menggendong mesin berkonfigurasi V8 dengan kapasitas 7.0 liter. Mesin besar itu kemudian disandingkan dengan twin-turbo yang mampu membuat mobil ini menyemburkan tenaga dahsyat hingga 1.500 hp, lebih besar dari Hennessey Venom GT model tahun 2012 yang hanya berkekuatan 1.200 hp.

Inilah Penyebab Mobil Tak Bertenaga dan Boros BBM

Mungkin sebagian kita ada yang pernah mengalami saat mengendarai mobil dengan kencang tapi tenaga yang dihasilkan oleh mobil itu kurang maksimal walaupun pedal gas yang Anda injak sudah benar-benar pool.

Tenaganya kurang maksimal atau mobil seperti tidak ada tenaganya. Jika hal ini terjadi maka konsumsi bahan bakar mobil itu juga akan menjadi boros. Kira-kira apa penyebabnya?

Biasanya kalau sudah seperti itu kotoran di saringan udaranya sudah mengendap atau sudah tebal dan kinerja busi sudah tidak maksimal karena sudah harus diganti.

Saringan udara yang kotor atau kotoran di saringan udara sudah mengendap tebal maka akan mempengaruhi tenaga pada mobil dan pengeluaran bahan bakarnya pun akan menjadi boros.


Kalau pada bagian busi, dikarenakan elektrodanya sudah mulai menipis. Hal ini juga dapat mempengaruhi tenaga dan pengeluaran bahan bakar jadi boros.


Ini biasanya terjadi pada mobil Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Terios. Tapi untuk Innova karena sudah memiliki saringan bensin atau letaknya di dalam tangki bensin maka pembersihannya dengan cara menguras tangki bensin atau memberikan cairan yang sekarang ini sudah banyak dijual di bengkel-bengkel.
 
Untuk penggantian busi pada Avanza dianjurkan setiap 20.000 dan kelipatannya, tapi bisa juga diganti dengan melihat kodisi busi itu sendiri. Sementara untuk saringan udara setiap 40.000 km harus diganti.

Fitur-fitur Mobil yang Akan Hilang Ditelan Jaman

Teknologi mobil terus mengalami perkembangan. Seiring dengan perkembangan teknologi mobil, begitu juga akan ada beberapa teknologi yang mengalami ketertinggalan.

Teknologi lawas akan semakin ditinggalkan dan berganti dengan teknologi baru yang lebih ringkas bila digunakan. Berikut  fitur mobil yang akan punah di makan zaman


CD player
Alasan fitur tersebut bakal hilang karena sudah banyak gadget tersedia dengan harga terjangkau tersedia di pasaran. Cara mengggunakannya pun mudah, cukup mencolokkan Aux-in dengan alat gadget tersebut. Atau menggunakan bluetooth jika audio mobil kita tersedia jaringan bluetooth. Gadget seperti iPhone, dan merek lainnya malah lebih banyak menyimpan musik di dalamnya. Dengan begitu segala jenis musik bisa tersimpan di dalamnya.

Power steering traditional
Sistem power steering traditional akan digantikan dengan electric power steering (EPS). Alasan punahnya teknologi tersebut karena tertinggal jauh dari sistem EPS. Sistem EPS lebih ringan dan lebih enteng. Sehingga berimbas pada pengurangan bobot kendaraan.

Tombol
Tombol akan tergantikan dengan touchscreen. Tombol seperti yang kita temukan pada audio dan pengatur AC lama kelamaan akan tergerus dengan cara sentuh. Teknologi layar sentuh dianggap memudahkan para pengguna kendaraan.

Tuas perseneling
Penggunaan tuas perseneling akan semakin berkurang karena adanya sistem memindahkan transmisi secara otomatis. Transmisi otomatis menurut pengendara lebih efisien daripada manual saat ini.

Lampu kabut
Lampu kabut konvensional akan tergantikan dengan lampu LED. Lampu LED lebih stylish dan bling-bling daripada lampu kabut.

Kunci
Kunci konvensional yang main colok untuk membuka atau menyalakan mobil akan punah dalam waktu dekat. Sebagai penggantinya, keyless entry pada mobil akan semakin marak.

Mobil Bertenaga Surya Siap Diluncurkan

Produsen kendaraan dari India yaitu Mahindra & Mahindra Ltd. berencana untuk meluncurkan mobil listrik yang mengambil tenaganya dari sinar matahari, bukan di charge.


Mobil bertenaga matahari tersebut diberi nama e2o ini menyimpan tenaga matahari pada baterai lithium ion yang membuatnya mampu berjalan sejauh 100 km dari tenaga yang disimpannya itu.

Menurut rencana, mobil ini akan diproduksi di pabrik Mahindra di Bangalore dan akan meluncurkannya pada bulan Maret mendatang.

Di India sendiri sebenarnya kendaraan-kendaraan listrik atau hybrid belum bisa banyak dijual disana karena kurangnya infrastruktur dan investasi yang pemerintah yang tidak memadai.


Tapi kini, pemerintah India selama lima hingga enam tahun ke depan berencana untuk menghabiskan sampai 138.50 miliar rupee (Rp 24,3 triliun) untuk meningkatkan pasar mobil listrik.

Dengan investasi sebanyak itu, pemerintah India ingin di jalanan mereka ada sekitar 5.000.000-6.000.000 motor, kendaraan roda tiga dan truk kecil yang menggunakan tenaga listrik disamping mobil penumpang bertenaga listrik.